Biar Kamu Gak Terserang Penyakit Lupa, Fokus Dulu pada 11 Cara Agar Tidak Mudah Lupa

Menjadi
pelupa itu amat menyakitkan, apalagi disaat genting. Untuk itulah kali ini Admin
akan mencoba membagikan cara agar tidak mudah lupa, entah
itu sekedar menaruh barang bawaan atau benda penting lainnya. Sebelum
melanjutkan, alangkah baiknya kamu baca dulu cerita yang satu ini.
Pas
hari minggu ceritanya mau jalan-jalan, tapi kok rasanya ada yang kurang ya,
tapi apaan? (sambil mikiiiiir…..) liat lagi penampilan udah rapi, trus
raba-raba ke saku belakang celana, aaahhhh ada yang ketinggalan, o iya, hampir
lupa bawa dompet.
Balik
lagi ke kamar buat ambil dompet, trus balik ke motor. Pas mau idupin motor, gak
taunya giliran kunci motor yang ketinggalan, akhirnya cari-cari kunci motor ampe
10 menit.
Nih
kunci bandel amat ya, giliran udah mau berangkat dia malah maen petak umpet
segala, nyarinya susah amat. Mau cari kemana nih, semua udah di obok-obok tapi
tetap aja gak nemuin.
Pas
udah mentok, coba cek di motor, gak taunya tu konci udah nangkring di bawah
jok, tadi pas mau jalan cek bensin dulu, maklum meteran bensin udah gak bener,
jadi kalo mau jalan musti cek dulu, masih cukup apa nggak Bensinnya.
Pas
kunci motor udah ketemu, saatnya jalan….., pas udah mau hidupin motor, gak
taunya hape yang ketinggalan. Tadi pas cari-cari dompet ada yang sms, habis
baca lupa taro dimana tu hape…..
Ah
lupa, kenapa gak miscall aja ya? pinjem hape kakak buat miscall, panggilan
masuk, tapi kok gak ada suara ya? ah, baru sadar, hape dari kemaren di silent,
gimana mau ketemu coba. Lengkaplah sudah!
Pas
lagi cari-cari, itu hape udah di saku belakang dan emang gak terasa juga ada
hape. Semua persiapan lengkap, saatnya berangkat…..jreng jreng.
Pas
udah mau hidupin motor, didepan berasa ada yang gak jelas ya dipandang, tapi
kok bisa sih. Emang udah malem sih, tapi rada buram gitu. Ya ampun, lupa pake
kaca mata, sibuk cari dompet, kunci motor ama hape, malah lupa pake kaca mata.
Bolak-balik
lemari, tetap aja gak nemui kacamata, musti cari kemana lagi ni? Tanya
kenapa???? Ayo dong, mikir-mikir-mikir, dimana tadi letakin kacamata, kok bisa
gak ketemu gini sih.
Rambut
udah basah, rasanya harus di usap dulu pake kain yang bersih, hmmm pas mau lap
keringat yang menempel di rambut, gak taunya itu kaca mata udah nyantol di
rambut, untung aja ketemu.
Berada
pada situasi genting seperti cerita diatas emang tidak mengenakan, lebih lagi
jika benda yang kita cari justru ada didepan mata. Cerita diatas hanya menggambarkan
sebagian kecil saja benda yang sering lupa, dan tentunya masih banyak lagi.
Menyakitkan,
sungguh menyakitkan, bahkan sakitnya bukan cuma disini, tapi disini, disini dan
dimana-mana. Bayangkan jika hal-hal diatas terjadi pada diri mu sendiri?
Jadi
agar kamu gak kepikiran terus, dan gak ketularan cerita diatas, khusus buat
kamu admin bagi 11 cara agar tidak mudah lupa, oke gays cekidot.
Cara Agar Tidak Mudah Lupa
Image by nyunyu.com
  1. Tulisan tangan,
    hal ini dipercaya membantu mempercepat proses daya ingat, sangat berbeda
    pada saat Anda mengetik dengan komputer atau hape.
  2. Buat Catatan
    Kecil,
    membuat catatan tentang informasi
    penting, lalu menaruhnya ditempat yang mudah terlihat.
  3. Tempat yang
    sama,
    agar mudah menemukannya cobalah
    membuat pola penyimpanan benda seperti dompet, kunci atau benda penting
    lainnya.
  4. Menggunakan
    seluruh panca indera,
    hal ini bertujuan untuk
    memudahkan kamu mencari benda yang tertinggal.
  5. Buatlah
    rutinitas,
    meskipun hal ini membosankan
    namun sangat baik untuk membantu daya ingat. Agar tak mudah lupa sebaiknya
    buatlah jadwal rutin.
  6. Buatlah gambar, petunjuk
    seperti gambar biasanya lebih mudah di ingat ketimbang angka atau tulisan,
    jadi saat kamu menyimpan kunci di gantungan cobalah beri semacam label.
  7. Rajin olahraga, sebuah
    penelitian Cumbridge University mengungkap fakta bahwa berolahraga secara
    teratur seperti Aerobik, Joging dapat meningkatkan daya ingat dengan
    memicu pertumbuhan neuron baru di otak. Baca juga: Cara
    Mudah Menghilangkan Stres Pikiran
  8. Berpikir Positif,
    menurut beberapa ahli kesehatan di Harvard, stereotipe
    tentang penuaan dapat membuat daya ingat menurun. Sebagian besar orang
    yang sudah tua menghasilkan nilai yang buruk saat mengikuti tes daya ingat
    terutama jika dihadapkan pada pernyataan perimis tentang penuaan, usia dan
    kekuatan otak. Akan jauh lebih baik jika mendengarkan pesan untuk menjaga
    daya ingat hingga menjelang pensiun.
  9. Ciptakan Petunjuk,
    saat Anda memiliki jadwal rutin setiap hari
    seperti membaca buku, buatlah petunjuk bagi dirimu sendiri demi menolong
    niatan mu agar tak terlewatkan. Misalnya kamu akan membaca buku sebanyak 2
    lembar sebelum pergi tidur malam hari.
  10. Hubungan yang
    lebih Pribadi,
    hal ini biasanya berhubungan
    dengan diri mu sendiri. Misalnya begini, di Indonesia terjadi krisis
    moneter hebat pada tahun 1998, saya lulus SMP pada tahun 1998. Atau mungkin
    untuk mengingat tempat menyimpan hape kamu yang warnanya hitam, lemari
    juga berwarna hitam.
  11. Belajar Fokus, biar
    kamu tak mudah lupa langkah terbaiknya kamu harus fokus, ingat-ingat
    FOKUS. Mau sih, tapi gak tau caranya? Mungkin juga kamu orang yang sangat
    mudah dialihkan perhatiannya, FOKUS emang masalah terbesar kamu. Misalnya,
    kamu pas mau berangkat ke kantor pake motor trus ada panggilan masuk, ya kamu
    perhatiannya sama telepon yang kebetulan juga penting. Nah,
    biar kamu gak mudah lupa, coba ucapkan berulang-ulang hal yang ingin kamu
    lakuin: saya haru ke kantor, saya harus ke kantor, saya harus kekantor. Ulangi terus
    hingga aktivitas ini terlaksana, emang terlihat bodoh sih tapi ujung juga kamu
    bakalan nerima hasilnya.

 

Untuk
sementara sampai disini dulu, lain waktu kita sambung lagi ya sobat. Jika kamu cukup
berbaik hati atau punya pengalaman pribadi dan mau nambahin, bolehlah corat
coret di kolom komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *