7 Ungkapan Berikut Kerap Kali Melibatkan Tangan

Tangan merupakan anggota tubuh manusia yang biasanya digunakan untuk menggapai atau meraih sesuatu, bekerja, dan melakukan hampir semua aktivitas. Tangan juga berperan vital dalam menunjang aktivitas manusia termasuk berbuat kebaikan atau kejahatan atau jahil.

Namun lebih dari itu semua, tangan juga sering dilibatkan dalam berbagai ungkapan. Tentu saja maknanya tidak hanya sebatas ungkapan namun memberikan arti yang unik dan terkadang tidak sesuai dengan fungsi tangan yang sesungguhnya.

Apa saja ungkapan yang sering melibatkan tangan sebagai kata tambahannya, mari kita lihat bersama dalam penelusuran berikut.

1.Buah Tangan

Ungkapan ini sering digunakan untuk hadiah atau oleh oleh dari seseorang yang berpergian jauh. Dan biasanya begini ungkapannya:

“Pak Saleh datang berlibur dari Bali membawa banyak sekali buah tangan untuk kerabat dan keponakannya”

 

2.Panjang Tangan

Ungkapan ini negatif maknanya dan biasanya digunakan bagi orang yang sering menguntil atau mengambil barang orang lain. Agar lebih halus maknanya, biasanya orang tersebut di beri gelar panjang tangan.

Namun berbeda dengan pencuri yang tentu saja lebih mengarah pada kriminal. Sedangkan panjang tangan ini, lebih tepat untuk mengungkapan seorang yang masih dalam masa kekanak-kanakan yang nakal aja dan nantinya isa berubah menjadi orang baik kelak.

 

3.Ringan Tangan

Ungkapan ini sangat baik, biasanya disematkan kepada orang yang sering menolong atau membantu orang lain. Tidak hanya sebatas menolong dalam hal mengerjakan sesuatu, memberi bantuan berupa materi lebih tepatnya.

Nah, orang yang ringan tangan juga memiliki perangai yang baik dan tentu saja dalam kehidupannya ia pasti sangat dikenal banyak orang. Tidak heran sih kalau dijuluki sebagai orang yag ringan tangan. Mau dapat julukan seperti itu, berbuatlah yang banyak untuk orang-orang disekitarmu.

 

4.Bertangan Besi

Ungkapan ini lebih tepat untuk seorang pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan yang keras dan memiliki kemampuan bekerja yang baik dan tangguh. Sehingga julukannya menjadi “pemimpin bertangan besi”.

 

5.Jabat Tangan

Nama lain dari salaman adalah jabat tangan. Aktivitas ini termasuk dalam ranah yang formal dan nonformal. Yang formal misalnya kedua pemimpin negara saling jabat tangan dalam pertemuan bilateral untuk mempererat hubungan kedua negara. Bisa juga dalam sebuah wawancara kerja, jabat tangan menentukan posisi diterima atau tidaknya si pelamar.

Yang tidak formal,pertama kali bertemu orang akan saling berjabat tangan untuk menandakan perkenalan keduanya. Bisa juga pada saat hari raya, saling jabat tangan dan memaafkan.

 

6.Tangan Ajaib Tak Terlihat

Ungkapan ini lebih tepat untuk menggambarkan kejadian yang berada diluar kemampuan manusia. Seseorang bisa melakukan sesuatu yang berada diluar kemampuannya berkat bantuan tangan ajaib yang tak terlihat atau invisible hand.

Bahkan seseorang yang melakukannya pun tidak menyadari kehadiran invisible hand. Yang ada tinggal hasilnya aja dan orang-orang percaya akan hal ini.

 

7.Gol Tangan Tuhan

Julukan ini paling fenomenal, disematkn kepada seorang pemain bola terkenal dunia. Karena kebolehannya dalam membuat gol ke gawang lawan dengan sentuhan tangan yang dianggap tandukan. Ah, kamu pasti tahu sendirilah siapa orangnya dan saya tak perlu menyebutnya lagi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *