SerbaPandai.Com

The Real Entertainment Blogger

Humor

Apa yang dimaksud dengan cerita jenaka? Lengkap dengan contoh

Oke, lama sekali tidak menulis sesuatu yang jenaka membuat jari jemari saya jadi terasa kaku. itu karena selama ini saya lebih fokus pada hal lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Oke, kali ini kita akan menjawab pertanyaan: apa yang dimaksud dengan cerita jenaka?

Nah, tentu kamu semua juga sudah pada tahu kalau jenaka itu identik dengan lucu, sedangkan cerita itu sebuah kisah.

Bisa dibilang cerita jenaka itu adalah sebuah kisah yang menggambarkan kekocakan atau kelucuan dari alur cerita.

Bisa juga ada kaitannya dengan cerita rakyat yang memang mengandung banyak pesan yang ingin  disampaikan oleh sipenulis cerita kepada pembaca.

Nah, sekarang kita akan melihat apakah ada kesamaan pendapat antara sastrawan yang satu dengan yang lain, tentang cerita jenaka ini.

Baca juga: Materi stand up komedi paling lucu.

Definisi cerita jenaka dari para sastrawan

Sulaiman Masri dkk.2006

Menurut Sulaiman Masri dkk.2006.Bahasa Melayu.Kuala Lumpur:MAZIZA SDN.BHD.420-421, seperti dikutip dari wikipedia, Cerita jenaka merupakan bagian cerita rakyat yang berunsur jenaka atau lucu yang dapat membangkitkan tawa.

Bahan ceritanya didasarkan pada kehidupan masyarakat sehari-hari.Alur ceritanya berpusat pada kelakuan pelaku.

Contoh cerita jenaka yang berkembang dalam masyarakat Indonesia seperti Si Kebayan (Kabayan) Sunda, Lebai dari Malang Sumatra, dan Pak Banjir asal Jawa.

Laman rumus.co.id

Seperti dikutip dari laman rumus.co.id, Cerita Jenaka adalah sebuah cerita yang memahami tentang cerita lucu dan terdapat berbagai bagian dari cerita rakyat yang lucu atau yang dapat membuat para pendengar tertawa.

Cerita-cerita yang lucu terkadang memiliki banyak sekali fungsi diantaranya adalah sebagai berikut: Untuk hiburan, Penyediaan instruksi dan pendidikan, Berisi saran, Sebagai sarana kritik sosial.

Ciri dari cerita jenaka dengan membentuk pola:

Judul ceritanya, Cakupan (jika ada), Aksi, Nama karakter, Karakter karakter, Sumber paling lucu yang berasal dari alam dengan tindakan dari pemeran utama.

Laman penuliscilik.com

Seperti dikutip dari laman penuliscilik.com, bahwa cerita jenaka merupakan cerita lucu yang mampu menghibur, baik dari alur atau penokohannya.

soal unsur yang terdapat didalamnya, ya miriplah dengan yang ditulis pada laman rumus.co.id bahkan boleh dibilang hampir serupa.

kalau saya sih bilangnya beti, beda tipis gitu.

Contoh Cerita Jenaka

Cerita Pak Pandir

Pada waktu itu, Pak Pandir sedang berada di rumah tidak pergi ke ladang karena cuaca hujan, Pak Pandir merasa lapar dan meminta makanan kepada istrinya agar di buatkan makanan yang hangat, lalu sayng istri mengupas pidang dan membuat makanan yang sangat sederhana dengan menggoreng pisang.

Karena sangat merasa lapar, Pak Mandir meminta untuk mempercepat memasak pisang untuk segera dimakan.

Membuat pisang goreng dengan segelas kopi yang hangat pisang tersebut terasa nikmat sekali, dan seolah-olah pisang telah menjadi sebagai penganti makanan nasi.

Melihat pisang terlihat sangat baik lalu Pak Pandir Segera ambil satu dan segera makan setelah memakan pisang dan hujan pun reda pak pandir berangkat kesaw untuk melihat tanaman yang sudah ia tanam dan akhirnya tanamannya seudah tumbuh dengan baik dan akan menanti kan panen

Setalah panen pak pandir pun lansung menjual hasil panennya kepasar setelah di bawa kepasar hasil dangangannya lansung habis dan hasil uangnya lansung siberikan kepada istrinya.

 

Dongeng Bahasa Sunda Si Kabayan Ngala Nagka

Dibawah ini merupakan salah satu contoh Carita Pondok (carpon) tentang Si Kabayan dan artinya dalam bahasa sunda lemes (halus).

Dina hiji mangsa, si Kabayan keur leleson bari jeung ngalamu di payuneun rorompokna, saliwat oge mikiran roay, tutut, sareng lauk anu diala kamari. “Kabayan, pangalakeun nagka, pilihan aku kolot buahna,” parentah Mitoha ka si Kabayan.

Artinya: Pada suatu hari, si Kabayan sedang istirahat dan melamun di depan rumah, sekilas dia memikirkan kacak krotak, tutut, dan ikan yang sudah dia panen kemarin. “Kabayan, tolong petik nangka, pilih yang sudah tau buahnya,” perintah Mertua ke si Kabayan.

Saentosna dugi ka Kebon, si Kabayan ningalian tangkal nangka anu buahan, anjeuna milari mana nangka anu tos kolot. Teu pati lami, Kabayan ningali hiji nagka anu kolot tur ageung, teras wae diala.

Artinya: Sesampainya di Kebun, si Kabayan segera mencari pohon nangka yang berbuah, dia mencari nagka yang sudah tua. Tidak lama dari itu, akhirnya Kabayan menemukan apa yang dia cari, Nangka yang sudah tua dan besar, kemudian dia petik.

Kusabab nagka teh ageung, Kabayan teu kiateun ngangkat na, “Ieu mah hese nyandakna, moal kaduga abdimah,” Kabayan nyarios dia hate, “kumaha cara nyandaknya itu teh?” saurna dei.

Artinya: Sebab nangka yang dia temukan itu besar, Kabayan tidak kuat membawanya, “Ini mah susah membawanya, gak akan kuat saya,” gumamnya dalam hati, “bagaimana cara membawanya ya?” ucapnya lagi.

Kusabab kebon teu pati jauh sareng walunga, eta nagka dipalidkeun, “Jung balik tipayun, kapanan geus gede,” parentah si Kabayan ka nangka.

Artinya: Kebetulan kebun milik Kabayan tidak jauh dari sungan, maka nagka itu di hanyutkan, “Udah kamu pulang duluan, kan sudah besar,” perintah sikabayan ke nangka.

Barang dugi ka bumi, si Kabayan ditaros ku Mitohana, “Kenging teu nangka na?”
“Nya kenging atuh, nya ageung tur tos kolot,” saur Kabayan.
“Mana nangkana, anjeun datang lengoh?” tumaros Mitoha.

Artinya: Setibanya di rumah, si Kabayan di tanya oleh Mertuanya, “Dapat gak nagkanya?”
“Ya dapat lah, mana besar dan tua lagi,” jawabnya.
“Mana nangkanya, kamu datang tidak membawa apa-apa.”

“Har, naha teu acan dugi kitu? padah geus balik tipayun tadi” tembalna.
“Ari anjeun tong sok bobodoran? teu aya caritana nagka bisa balik sorangan,” Mitihana rada bendu.
“Har, nya nu bodo mah nagka, geus kolot teu apa jalan balik,” saur si Kabayan tuluy we ngaleos.

Artinya: “Hah, memang belum sampai gitu? padahal tadi sudah pulang duluan,” jawabnya.
“Kamu jangan bercanda, tidak ada ceritanya nangka bisa pulang sendiri,” Mitohanya kesel.
“Yey, yang bodo itu nagka, sudah tua tidak tahu jalan pulang,” jawab si Kabayan langsung pegri entah kemana. sumber.

Nah, teman teman, demikianlah pembahasan singkat kita, mohon maaf jika kurang maksimal ya ceritanya, maklum sambil nulis cerita ini saya banyak ketawa jadinya gak fokus.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.