Memori 2007: Berwisata ke Pulau Simping “Pulau Terkecil di Dunia” yang Berlokasi di Singkawang – Kalbar

Tahun
2007 lalu, pas akhir pekan, saya di ajak temen jalan-jalan ke singkawang,
katanya sih mau ke Pantai Mak Jantu’. Mendengarnya, saya jadi penasaran karena
terus terang aja rasanya baru kali ini denger nama itu.
Kami
berangkat pagi hari dari Bengkayang (waktu
itu saya masih tinggal di bengkayang
), setelah puas mengitari kota “Amoi”
Singkawang, kami pun memutuskan untuk pergi ke Objek Wisata Baru (pada waktu itu) bernama Pantai Mak Jantu,
dimana di areal itu ada pulau kecil.
Beberapa
tahun setelahnya, pulau tempat kami berpose pada tahun 2007 (nanti dibawah akan saya tunjukan pose jadul
kami
) yang lalu itu bernama Pulau Simping. Kini, objek wisata tersebut
lebih di kenal dengan nama Pulau Simping & Sinka Zoo.
Saya
kita sangat wajar kalo pulau simping diakui sebagai pulau terkecil di dunia,
dan bahkan sudah tercatat di PBB. Karena memang sangat kecil bahkan luasnya kurang
dari ½ hektar. Dan jika kita googling dengan keyword: “Pulau terkecil di dunia” kita udah bisa temukan hasil “Pulau
Simping”.

 

Pulau Simping “Pulau Terkecil di Dunia”
Dilihat dari kejauhan, Emang sangat mini sih…
Letaknya
di Singkawang Selatan, Kota Singkawang, atau sekitar 145 KM dari pusat kota
provinsi Kalbar, Pontianak. Jika ditempuh dengan perjalanan darat akan memakan
waktu sekitar 2-3 jam.
Secara
geografis, berada pada kordinat 0o 52’2” Lintang Utara & 108o 67’11” bujur
timur. Dulunya pulau ini diberi nama pulau Kelapa Dua, sekarang sejak
ditetapkan PBB menjadi pulau terkecil lebih dikenal dengan nama Pulau Simping.
Saya
pertama kali menginjakan kaki di pulau simping sekitar tahun 2007 yang lalu
bersama 4 orang teman saya. Pada waktu itu tidak begitu ramai dan mungkin masih
baru sehingga kurang di kenal, namun sekarang saya yakin jika weekend atau
liburan pasti penuh sesak karena ramai pengunjung.
Pada
waktu itu belum banyak objek wisata lain, yang bisa dinikmati disana akan
tetapi rencana pembangunan objek wisata lain udah ada, minimal kerangka
bangunannya. Beda sama kondisi sekarang, selain makin ramai pengunjung dan ada
pula objek wisata lain yang bisa kita nikmati seperti Sinka Zoo (kebun
binatang) serta pantai terdekat Tanjung Bajau & Pantai Pasir Panjang serta
beberapa beberapa objek wisata lainnya.
Pulau Simping “Pulau Terkecil di Dunia”
Nih pose jadul kami berempat, tahun 2007 (Saya pake baju putih, paling kiri)
Banyak
wisatawan domestik maupun manca negara yang penasaran dengan predikat pulau
simping sebagai pulau terkecil di dunia, serta banyak pula travel blogger yang
sudah mengabadikannya lewat postingan, termasuk saya.
Memasuki
kawasan tersebut, kita akan di suguhi pemandangan khas pepohonan pantai, pohon
kelapa dan pemukiman warga sekitar. Untuk saat ini, tidak membutuhkan
perjuangan yang terlalu berat untuk menjangkau objek wisata Pulau Simping.
Saya
gak terlalu ingat lagi kapan terakhir kali pergi ke pulau simping, selain gak
ada dokumentasi yang bisa saya bagikan ke teman-teman disini juga gak ingat
kapan waktunya.

 

Tanpa
foto yang di dokumentasikan sendiri, rasanya mustahil untuk digambarkan betapa
indahnya Pulau Simping serta Sinka Zoo. Jadi jika Anda penasaran silakan
langsung aja meluncuk kesana, dijamin asik deh pokoknya.

2 comments

  1. pulau simping ini kelihatanya cukup menarik ya? dan juga saya lihat air lautnya cukup tenang 🙂

    1. iya lautnya lebih tenang, tidak ada ombak dan pasir karena di depannya ada batu karang jadi sekilas tak nampak pulaunya…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *