Barang Tak Terpakai Bikin Rumah Gak Nyaman? Berikut Cara Mudah Merapikan Rumah Berantakan!

Banyak barang yang berserakan membuat
rumah jadi kurang nyaman, alih-alih sebagai tempat beristirahat, berada dirumah
justru membuat Anda makin stres. Penyebabnya bisa jadi penghuni rumah jarang
sekali memperhatikan kondisi dan kenyamanan rumah.
Sayangnya bukan itu saja yang
menjadi pemicunya, ada banyak sekali kemungkinan seperti barang atau aksesoris
tak terpakai yang memiliki kenangan sehingga tidak bisa dibuang. Ada juga
koleksi pribadi yang tak lagi menjadi barang kesayangan sehingga berada disudut
ruangan.
Hari gini kok ngomongin yang
serius sih bro?
Ya sekali-sekali gak pa pa bro,
rumah itu kan ibarat istana jadi kudu dibikin senyaman mungkin biar kamu makin
betah. Kalo rumah gak nyaman pasti kamu gak betah trus nongkrongnya di warkop
atau cafe, jadi tambah boros kan…
Iya juga sih bray…jadi gimana
dong?
Ya kamu musti rajin rapiin,
kalo nggak ntar makin numpuk dan makin gak nyaman…
Emang barang apa aja sih yang
bisanya bikin rumah jadi gak nyaman bro?
Nah makanya, dengerin dulu
karena gak lama lagi saya akan kasih tau cara merapikan rumah berantakan. Kalau udah tau nanti pulang ke rumah
kamu bisa beresin dan jangan Cuma diem aja,…nih dia sya kasih tau kamu bro…
Cara Merapikan Rumah Berantakan

1.Aksesoris
yang Berhubungan dengan Hobi

Kamu pasti punya hobi kan, udah
gitu pasti sering gonta ganti hobi alias gombal. Biasanya hobi yang sering
gonta ganti dan jumlahnya banyak, udah pasti aksesoris dan barangnya juga
banyak.
Gak percaya?
Nih ya, misalnya kamu hobi
futsal, kamu pasti punya sepatu, kaos, dan mungkin juga bola. Kalo misalnya
kamu tiba-tiba sukanya sama pancing, pasti kamu beli pancing, umpan dan
lainnya…
Kebayang kan banyaknya barang
yang menumpuk dan bisa bisa bikin ruangan jadi makin gak nyaman.
Makanya kamu musti rapiin dan
dimpan di satu tempat dan tidak sering terlihat kalo udah bener-bener gak
kepake lagi.

2.Barang
Koleksi Pribadi

 
Nih biasanya buat orang yang
suka sama koleksi aksesoris, mulai dari gelang, kalung, pernak pernik, hiasan.
Sayangnya barang-barang koleksi ini justru membuat Anda tidak nyaman, terlebih
jika sudah sedikit rusak atau anda tak lagi menyukainya.
Kasian juga ya yang jadi barang
koleksi…udah dibeli, dikoleksi, giliran rusak gak dipedulikan…kalau bisa
teriak mungkin dia bakalan menjerit…
Satu hal lagi, koleksi biasanya
berhubungan dengan hidup seseorang, disadari atau tidak hal ini sangat
berkesan, jika dibuang makan memori kita juga akan hilang bersama barang
tersebut…

3.Barang
Kesukaan Waktu Kanak-kanak

Ada banyak jenis banyak yang
disukai waktu masih anak-anak, mungkin mainan kesayangan, baju kesayangan,
koleksi lukisan dan lainnya.
Banyak orang mungkin meninggalkan
barang kesayangan sewaktu kecil, namun ada yang mengoleksinya hingga dewasa.
Bagi yang melalui tahap
perubahan, terkadang barang kesayangan ini sudah gak lagi menarik. Apa yang
menarik sih dari mobil-mobilan ini atau koleksi boneka ini?
Hidup ini selalu berubah,
ketika dewasa anda pasti punya benda kesayangan lain yang lebih menarik,
akibatnya barang lama masuk gudang…
 

4.Barang
yang di Wariskan dan Hadiah dari Saudara

Hadiah pemberian ada yang
disenangi namun ada juga yang tidak, sebagai bentuk penghargaan biasanya tetap
disimpan. Proses penyimpanan yang kurang rapi bisa menjadikan mood anda gak
baik….
Selain hadiah, ada juga
barang-barang yang biasanya diwariskan oleh saudara kita, yang biasanya seiring
berjalannya waktu bisa bikin kita gak nyaman.
Misalnya bantal atau guling
atau mungkin pakaian….

5.Barang
& Mainan Anak

Yang namanya anak-anak udah
pasti berantakin mainan atau menjatuhkan makanan yang nodanya sulit
dihilangkan. Atau ada juga anak-anak yang punya kebiasaan membuat coretan dinding…
Sebagai orang tua, terkadang
kita risih apalagi jika ada tamu datang, kondisi mainan masih berserakan. Kita
sebagai ortu terkesan tidak merapikan barang dan mainan yang berserakan, yang
ujungnya menjadikan bad mood.

Tips! Cara Merapikan Rumah Berantakan

Setelah anda mengetahui berbagai jenis barang yang berpotensi bikin rumah jadi berantakan dan gak nyaman, rasanya tak adil jika tidak diberikan tips untuk merapikanya, berikut 4 langkah yang perlu Anda lakukan:
1.Bikin ruangan khusus entah itu di
gudang atau garasi rumah anda. Siapkan juga rak atau lemari tersendiri agar barang tak terpakai anda tetap tersimpan rapi.
2.Jika masih memiliki nilai
ekonomis, jauh lebih baik di berikan kepada yang membutuhkan atau dijual saja untuk tujuan amal. Jika ada yang rusak namun berbahal logam atau plastik, sebaiknya dijual ke penampung barang bekas.
3.Berikan sentuhan artistik
untuk penyimpanan, dibikin hiasan atau dimasukan dalam lemari hais, bisa aja
terlihat seperti barang antik. Jika perlu bikin bikinkan rak yang bentuknya asimetris dan berkreasilah disana sesuai intuisi seni Anda.

 

4.Lakukan pemilahan, barang
yang bisa disaur ulang tetap disimpan sedangkan barang habis pakai dan tak bisa digunakan lagi segera di
buang. Jika dibiarkan, akan semakin menumpuk dan berserakan, bisa jadi sarang tikus.
5.Lakukan penataan serta pembersihan secara rutin dan berkala, karena barang tersebut sangat berarti dan memiliki memori yang indah pada masalnya, bisa saja barang kesayangan masa kanak-kanak anda bisa diwariskan pada anak anda kelak atau mungkin siklusnya kembali dimasa mendatang.
Nah, itulah 5 masalah yang sering dihadapi dan cara merapikan rumah berantakan, selanjutnya saya tunggu action Anda. Jika punya pengalaman berbeda silahkan kasih coret coret dibawah, asal jangan nitip link dalam komentar, karena akan langsung saya hapus.

2 comments

    1. Sama mas Adam, biasanya saya suka lupa kalau ada yang mindahin barang yang saya simpan….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *