SerbaPandai.Com

The Real Entertainment Blogger

General

Dampak Buruk Internet Bagi Pelajar yang Sering Gagal Paham, Apakah Termasuk Kamu Orangnya?

Koneksi
internet yang makin membumi bagaikan dua sisi mata uang, selalu ada negatif dan
positifnya. Nah, pada kesempatan yang berbahagia (emang siapa yang ultah om?)
saya akan mengulik dampak negatif internet bagi pelajar.
Mengapa
ini menjadi sangat serius? Karena dampaknya sudah mulai terasa semakin merusak,
saya selaku ortu juga ikut prihatin. Salah dalam mendidik anak, justru malah
kecanduan internet yang bikin mereka malas belajar. Iya nggak sih? Iya dong.
Jadi
ingat sebuah lagu: “Mau dibawa kemana?” internet ini, apakah positif atau
negatif? Kuncinya ada pada lingkungan keluarga (terutama pada anak), bukan
pemerintah, bukan pemilik situs, bukan pula menteri KomInfo.
Lah,
ini kenapa bawa-bawa yang ginian sih om? Ya biasanya kan di negeri ini, kalau
ada kasus ini dan itu selalu yang disoroti kinerja pemerintah, menterinya atau
presidennya. Sebaiknya sih nggak usah dibawa-bawa, kan bukan urusan mereka.
Mendidik
anak agar bersikap baik itu di lingkungan keluarga (orang tua), sekolah dan
lingkungan bermainnya hanya pelengkap, setubuh? Upss setuju? Iya dong.
Oke,
segera kita kupas tuntas apa saja dampak negatif internet bagi pelajar, siapkan
mata dan mulut Anda ya!

Dampak negatif #1. Tak Bisa Berbahasa
Indonesia yang Baik dan Benar

Dampak Negatif Internet Bagi Pelajar
Kepo banget sih bu
Kenapa
gitu om? Ya soalnya di internet dan sosmed kan banyak beredar kosa kata gaul,
ya mungkin aja guru belum ngerti dan belum paham juga.
Misalnya
saat di tanya guru begini: Dimas, kamu
kenapa nggak ngerjain PR?
Trus
Dimas jawab gini: Ih, Bu guru ni Kepoh
banget deh
.
Kalau
ada anak didiknya jawab gini kan perlu di tegur bu guru, kalau udah tiga kali
ditegur masih gak berubah. Ntar bisa dicubit, tapi jangan di laporin juga ya,
ntar bisa ribut sekampung, ngegosipin kamu.

Dampak negatif #2. Tak Ingat
Pelajaran, Ingatnya Hashtag yang lagi Trending Topik

Dampak Negatif Internet Bagi Pelajar
Sharing & KOmen
Di
sosmed kan lagi bomming meme yang kocak dan biasanya ditambahin hashtag (tagar).
Si pelajar yang eksis di sosmed ntar ingatnya ama hashtag yang trending aja
bukan ingat rumus matematika atau fisika.
Bisa-bisa
rumus matekatika jadi Hashtag pangkat 3 kali meme kuadrat. Tuh jawabnya apaan
coba pak guru matematika? Jadi bingung kan? Iya, saya aja bingung.

Dampak negatif #3. Suka Copas
Jawaban Temen

Dampak Negatif Internet Bagi Pelajar
Lo pasti anak Copas ya
Biasanya
pelajar yang kecanduan internet cenderung negatif pola pikirnya, bisa-bisa isi
PR hasil COPAS kerjaan temennya. Udah gitu bikin meme yang gokil juga di lembar
jawabannya, maklum biar tambah eksis jadinya narsis.
Trus,
temennya sibuk kerja kelompok atau belajar kelompok, dia malah sibuk foto
selfie, trus upload ke sosmed.

Dampak negatif #4. Uang Jajan
Cepet Habis

Dampak Negatif Internet Bagi Pelajar
Asal Comot
Uang
jajan hanya buat beli kuota data, biat nggak ketinggalan update temen di
sosmed. Kantin jadi sepi, trus kalau makan di kantin suka ngutang juga, udah
gitu kan lama-lama bisa jadi tukang #Valak.
Selain
serem, budaya #valak juga nggak baik, bisa-bisa temennya pada takut pergi
kesekolah.

Dampak negatif #5. Foto Ijazah
jadi Foto Selfie

Dampak Negatif Internet Bagi Pelajar
Selfie dulu dong Cikgu
Harusnya
foto di ijazah kan foto resmi yang biasanya di ambil oleh tukang foto di
studio. Kalau pelajar kecanduan internet dan suka narsis, bisa aja kan foto
selfie yang ditempel di ijazah.
Pasti
hasil fotonya: bibir di mancunging, sambil tahan nafas trus jepret pake kamera phone.
Lama kelamaan, studio foto bisa sepi order dari anak sekolahan tuh.

Dampak negatif #6. Malas Bawa
Buku & Mandi

Dampak Negatif Internet Bagi Pelajar
Sapi tak mandi juga mahal
Biasanya
tuh, anak pelajar kan kudu rajin catat dan bawa buku paket pelajaran. Nah,
kalau si pelajar kecanduan internet, pasti bawanya bukan buku catatan atau buku
paket pelajaran, melainkan bawa gadget yang super duper canggih, yang nyediaan
semua materi pelajaran.
Jadi
malas hafalin rumus kan tinggal buka dan tanya google, malas baca soanya
tinggal dengerin di youtube. Apa jadinya ya kalo beneran ada pelajar yang
begini?

Dampak negatif #7. Lupa Nama
Pahlawan

Dampak Negatif Internet Bagi Pelajar
Paham Cik Gu
Saat
ini udah banyak pelajar yag lupa ama nama-nama pahlawan perjuangan. Bahkan ada
juga yang lupa ama pancasila, trus di plesetin dengan meme yang gokil dan bikin
ngakak.
Kan
nggak lucu kalo Nama Pahlawan Perempuan tak tahu, itu lho yang diperingati
setiap tanggal 21 april, siapa coba? Mungkin juga lupa nama presiden Indonesia
nih siapa aja, ayo urutkan mulai dari yang pertama sampai yang sekarang. Udah punya
berapa presiden Indonesia? Lupa kan?
Sebenernya
sih banyak lagi dampak negatifnya, hanya saja yang seriusnya pasti udah
disebutin ama yang diatas (duluan) postingnya. Yang ini sih buat lucu-lucuan
aja, tapi beneran terjadi di dunia nyata.

 

Kamu
punya yang lain mungkin? Ayo jangan malu untuk kasih komen disini, nggak
bakalan di ketawain kok. Beneran, ciyus.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.