SerbaPandai.Com

The Real Entertainment Blogger

General

Era Digital Sahabat Sejati Perubahan

Struktur sosial dan kehidupan bermasyarakat saat ini sudah sangat berubah. Perubahan ini tentu dinaungi oleh sindrom yang bernama era digitalisasi.
Perubahan yang paling mencolok adalah tentang kehidupan sosial dan bermasyarakat. Dahulu untuk berteman dengan orang lain harus bertat muka. Tapi kini, cukup lewat produk digital yang bermerek sosial media. Hebat.
Trus ada lagi ni, era digital yang katanya menawarkan banyak kemudahan justru disalah artikan sebagai generalisasi semua sektor kehidupan.

Nah, apa saja sih yang telah berubah seiring membludaknya pengguna sosmed, berikut ulasannya.

Era Digital Sahabat Sejati Perubahan
1. Perubahan tempat curhat. Dahulu orang curhat kepada teman dekat, sekarang ini curhat ke sosmed dengan cara update status bernada curhat di fb.
2. Perubahan tempat berdoa. Dahulu orang orang yang percaya dan beragama memilih berdoa di tempat ibadah yang sesuai, kini berdoanya cukup di fb dengan cara update status.
3. Berpacaran. Dahulu kala, orang mencari pacar dengan cara mendatangi tempat yang ramai dan bahkan melalui surat. Kini, cukup bermodalkan smartphone, sudah bisa nampang sekaligus cari pacar. Pas dapat, pacarannya cukup via fb, bisa bisa ntar nikahnya online dengan video call.
4. Tempat mengeluh juga ikutan bertransformasi. Sekarang banyak status bernada keluhan di fb, padahal bukan bisa cari solusi lho.
5. Penyebaran kebencian atau hate speech, ini yang paling menghebohkan. Sampai sampai pemerintah melalii instansi terkait ikut keluarkan larangan hate speech di sosmed.
6. Prostitusi online dan penyebaran konten esek esek semakin marak dan sulit diberantas. Meskipun di blokir, tetap aja ada caranya dan menjadi tren pula. Belum lagi hal ini terpampang nyata dan membahana badai pemirsa.
7. Cari duit online, ini yang positifnya. Disat ekonomi lesu, bisnis online malah menjamur dan tumbuh subur. Jelas aja tumbuh subur, wong pengguna internet makin meningkat ini kan peluang. Belum lagi pengguna internet yang baru pada royal belanja, asik.
Hmmm, itulah sekelumit perubahan yang terjadi di era digitalisasi dan internetisasi. Semoga makin besar pengaruh positif ketimbang negatif.
Ingat, itu semua dapat terjadi jika kita semua bijaksana dalam memanfaatkan internet sebagai sahabat sejati perubahan di era digital.
Salam

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.