Mindset Orang Kaya yang Perlu Ditiru

Siapa yang tidak mau menjadi kaya? Semua orang pasti mau menjadi kaya. Dalam mencapai tujuan menjadi kaya, ada banyak hal yang harus dilalui dan hal tersebut bukanlah hal yang mudah.

 

Namun, banyak orang yang telah berhasil menjadi kaya namun tidak dapat mempertahankan kekayaannya. Setelah menjadi kaya, sangat penting untuk dapat mempertahankan kekayaan tersebut atau jika perlu membuat kekayaan Anda terus berkembang.

 

Akan sangat sia-sia jika kekayaan yang Anda dapatkan hanya sesaat, mengingat untuk menjadi kaya tidaklah mudah. Ada banyak rintangan dan halangan yang menghadang sebelum Anda dapat menjadi kaya.

 

Lalu, bagaimana cara mempertahankan kekayaan yang telah kita dapatkan atau bahkan membuatnya berkembang? Caranya adalah dengan memiliki mindset orang kaya. Mindset atau pola pikir orang kaya sangat penting untuk Anda kuasai jika Anda ingin menjadi kaya dan terus mempertahankan kekayaan Anda bahkan sampai ke anak cucu.

 

Kaya Sejak Dalam Pikiran

 

Untuk menjadi seorang yang sukses, Anda harus memiliki mindset kaya atau berkelimpahan. Yang dimaksud dengan mindset berkelimpahan adalah pikiran yang memiliki pandangan bahwa dunia menyediakan hal lebih dari cukup untuk membuat semua orang dapat menjalani kehidupannya sesuai yang mereka inginkan termasuk mendapatkan kekayaan, kebahagiaan, teman, kesuksesan, dan sebagainya. Orang yang memiliki mindset ini memiliki ciri sangat mudah untuk berbagi serta membantu orang lain.

 

Pola pikir ini membuat orang percaya bahwa apa yang kita punya sudah lebih dari cukup sehingga mereka tidak keberatan untuk berbagi kepada orang-orang lain yang membutuhkan. Untuk dapat mempertahankan kekayaan yang telah Anda dapatkan, penting bagi Anda untuk memiliki mindset ini.

 

Bahkan sebelum Anda menjadi kaya, pola pikir ini akan sangat berguna. Hal ini karena dengan memiliki pola pikir ini, Anda akan memiliki sikap yang positif dan dapat memandang masalah dari sudut pandang yang berbeda.

 

Memiliki sikap yang positif sangat baik untuk membuat Anda memiliki hubungan yang baik dengan relasi dan lebih mudah dipercaya oleh banyak orang. Kita ketahui bahwa untuk menjadi sukses, membangun jaringan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

 

Membangun jaringan dengan ikatan saling percaya dapat bertahan lebih lama. Loyalitas pertemanan akan terjalin lebih baik dengan hal tersebut.

 

Orang Bodoh Seperti Bob Sadino

 

Pernah mendengar cerita perbedaan orang pintard an orang bodoh dari Bob Sadino? Beliau berkata banyak orang bodoh yang sukses di dunia bisnis karena mereka tidak ragu-ragu.

 

Berbeda dari orang pintar yang dengan kepintarannya justru terlalu banyak memperhitungkan sesuatu dan akhirnya tidak memulai bisnis mereka sendiri. Kunci sukses dalam sebuah bisnis adalah praktek. Tak peduli seberapa banyak ilmu atau teori yang Anda tahu, tanpa praktek, semuanya nol.

 

Contohnya dalam memulai sebuah usaha; mencari modal. Orang pintar akan mengkalkulasi besaran modal yang diperlukan, sumber modal apakah memilih kredit cepat atau menggunakan tabungan, return, dan jangka waktu balik modal. Tapi setelah dihitung, mereka urung memulai bisnis.

 

Berbeda dengan orang bodoh yang hanya praktek, praktek, dan praktek saja. Bisnis bukanlah hitung-hitungan di atas kertas, melainkan sebuah praktek yang dilalui. Ada anekdot soal bisnis yang terkenal menyebutkan bahwa “Bisnis itu seperti melompat dari pesawat terbang.

 

Saat Anda jatuh kebawah, Anda harus membuat parasut, memasangnya, dan membuat diri Anda mendarat dengan selamat”. Ya, kira-kira seperti itulah orang bodoh versi Bob Sadino. Yang penting praktek dan membuat bisnis dulu.

 

Mencari Sumber Modal

 

Mindset selanjutnya yang perlu Anda kuasai adalah terkait modal. Banyak pengusaha gagal bahkan sebelum mereka memulai. Modal menjadi salah satu faktor penghambat mengapa beberapa orang urung membuat bisnis mereka sendiri. Banyak orang yang selalu mengeluh “belum ada modalnya” saat ingin memulai bisnis dan meniti karir menjadi orang kaya.

 

Padahal di era modern ini sudah banyak institusi keuangan yang mempermudah calon pengusaha dalam mencari modal. Bahkan sekarang sudah ada kredit online cepat yang dapat memberikan suntikan dana untuk usaha Anda. Jadi sebenarnya bukan perkara modal-nya, ini tentang kemauan Anda; berani mengambil resiko atau tidak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *