SerbaPandai.Com

The Real Entertainment Blogger

Misteri

Pengertian Misteri: Definisi, Contoh, Jenis, Pentingnya Misteri, dan Contoh Dalam Sastra

Apa itu misteri? Misteri adalah genre sastra yang ceritanya berfokus pada kejahatan, situasi, atau keadaan yang membingungkan yang perlu diselesaikan.

Istilah ini berasal dari bahasa Latin, misteri, yang berarti “hal rahasia”. cerita dapat berupa fiksi atau nonfiksi, dan dapat berfokus pada topik supernatural dan non-supernatural. Banyak cerita misteri melibatkan apa yang disebut skenario “whodunit”, yang berarti misteri berkisar pada mengungkap pelaku atau penjahat.

Misteri juga indentik dengan kejadian yang membuat penasaran dan cepat heboh serta menyebar kemana-mana, terlebih yang ada kaitannya dengan mistis.

Semakin di goreng, maka akan semakin membuat orang penasaran dan menurut pendapat penulis, misteri adalah komoditas dan ada kaitannya dengan media terutama media sosial.

 

Definisi Misteri menurut Para Ahli

Wikipedia Bahasa Indonesia

Dikutip dari laman Wikipedia, Misteri adalah sesuatu yang belum diketahui dengan pasti dan menarik keingintahuan orang-orang. Misteri biasanya dikaitkan dengan kejadian-kejadian horor dan supranatural. Contoh hal-hal yang dianggap sebagai misteri: hilangnya kapal-kapal dan pesawat di wilayah Segitiga Bermuda.

KBBI

Dikutip dari laman kbbi.web.id, dijelaskan bahwa misteri memiliki 2 definisi yaitu:

  1. Sesuatu yang masih belum jelas (masih menjadi teka-teki; masih belum terbuka rahasianya): mengapa dia terbunuh dan siapa yang membunuh masih merupakan .
  2. Kenyataan yang begitu luhur sehingga secara mendasar melampaui daya tangkap manusia; apa pun yang semakin dapat dimengerti atau dihayati, tetapi tidak pernah ditangkap seluruhnya sehingga tetap merupakan rahasia menyangkut kehadiran atau kegiatan Ilahi.

Brainly.co.id

Mengutip jawaban dari Brainly.co.id (https://brainly.co.id/tugas/8292480) misteri adalah sebuah cerita yang telah dipercayai keberadaannya pada suatu daerah tertentu. dan seringkali di hubungkan dengan hal-hal yang mistis.

Nah, dari ketiga definisi diatas jelas bahwa yang namanya misteri merupakan cerita yang dipercaya kebenarannya oleh banyak orang, menarik minata banyak orang dan ada kaitannya dengan mistis yang sulit diterima akal sehat.

 

Contoh Misteri

Bacalah bagian pendek berikut ini:

Aku menatap mayat itu, yang wajahnya ditutupi topeng ski. Di samping tubuh itu ada setumpuk uang. Tumpukan uang terbesar yang pernah saya lihat. Di badannya ada sebuah catatan. Aku merobeknya dari jaket orang mati itu, dan membacanya perlahan-lahan, berulang-ulang, mencoba memahami kata-katanya: Singkirkan ini dan uang itu milikmu — aku akan mengirimkan setengahnya lagi setelah pekerjaan selesai. Hormat saya, F. Apa yang saya lakukan selanjutnya adalah sesuatu yang akan semakin saya sesali selama sisa hidup saya.

Bagian di atas menciptakan situasi misterius untuk diikuti oleh penonton. Ini dimulai dengan kejahatan — pembunuhan — dan diakhiri dengan petunjuk yang tidak menyenangkan bagi penonton. Namun, bagian itu sama sekali tidak mengungkapkan apa yang dipilih narator untuk dilakukan dan yang kemudian akan disesali. Sebuah buku yang menampilkan bagian ini kemungkinan besar akan berakhir dengan pemecahan pembunuhan dan pengungkapan keadaan sebenarnya dari keputusan narator.

 

Jenis Misteri

Misteri didefinisikan sebagai nonfiksi atau fiksi, dan ada pembagian lebih lanjut di dalamnya yang melibatkan kombinasi genre sastra lainnya.

a.Misteri Fiksi

Misteri fiksi adalah cerita yang sifatnya realistis atau fantastis, tetapi tidak secara spesifik didasarkan pada peristiwa nyata. Mereka tumpang tindih dengan genre sastra lain, seperti fantasi (paling sering untuk membuat fiksi gothic), thriller, horor, fiksi kriminal, fiksi sejarah, dan bahkan fiksi ilmiah. Fiksi detektif, yang secara eksplisit menampilkan detektif yang memecahkan kejahatan, mungkin merupakan bentuk misteri fiksi yang paling populer, namun saat ini dianggap sebagai genre sastra yang terpisah.

b.Misteri Nonfiksi

Buku misteri nonfiksi mencakup berbagai topik yang membahas peristiwa nyata, sering kali melibatkan misteri sejarah, sains, agama, sihir, supernatural, atau akhirat. Misalnya, ada banyak karya tentang kejahatan yang belum terpecahkan, hilangnya orang atau sekelompok orang yang tidak dapat dijelaskan, penampakan aneh seperti Bigfoot, Monster Lochness, dan UFO, atau tempat-tempat misterius yang tampaknya berhantu. Misteri nonfiksi juga merupakan genre yang sangat populer untuk acara dokumenter dan reality show, sering kali berfokus pada misteri yang tetap tidak terpecahkan atau tidak dapat dijelaskan.

* Perbedaan penting antara misteri fiksi dan nonfiksi adalah bahwa misteri fiksi hampir selalu diakhiri dengan misteri yang dipecahkan, sedangkan misteri nonfiksi biasanya ada untuk menjawab misteri yang masih belum terpecahkan.

Baca: Antara Dunia Maya dan Negeri Tak Kasat Mata.

Pentingnya Misteri

Misteri mulai mendapatkan popularitas di era Victoria, kebanyakan dalam bentuk sastra gothic, yang terutama ditujukan untuk wanita.

Sejak itu, genre ini berkembang baik dalam bentuk maupun jangkauan, dan telah menjadi genre yang banyak dibaca di kalangan pembaca pria dan wanita dari segala usia.

Misteri penting karena menampilkan topik yang biasanya menarik dan mengganggu pikiran manusia — kejahatan yang tidak terpecahkan, pertanyaan dan peristiwa yang tidak dapat dijelaskan dalam sejarah alam dan manusia, keingintahuan supernatural, dan sebagainya.

 

Contoh Misteri dalam Sastra

Contoh 1

Akhir tahun 1800-an memunculkan karakter fiksi ikonik Sherlock Holmes, seorang detektif yang ditampilkan dalam serangkaian novel misteri dan cerita pendek yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle.

Sebagian besar cerita diceritakan dari sudut pandang Dr. Watson, asisten dan rekan Holmes. Holmes adalah detektif independen yang berbasis di London dengan kepribadian eksentrik dan kemampuan penalaran yang sangat logis. Di bawah ini adalah pilihan singkat dari novel The Hound of Baskerville:

Item lain telah ditambahkan ke rangkaian misteri kecil yang konstan dan tampaknya tanpa tujuan yang telah saling menggantikan begitu cepat.

Mengesampingkan seluruh cerita suram kematian Sir Charles, kami memiliki sederet insiden yang tidak dapat dijelaskan semuanya dalam batas dua hari, termasuk penerimaan surat tercetak, mata-mata berjanggut hitam di bendi, hilangnya cokelat baru boot, hilangnya boot hitam lama, dan sekarang kembali boot coklat baru.

Holmes duduk diam di dalam taksi saat kami berkendara kembali ke Baker Street, dan aku tahu dari alisnya yang tertarik dan wajahnya yang tajam bahwa pikirannya, seperti pikiranku sendiri, sedang sibuk berusaha untuk menyusun suatu skema di mana semua episode aneh dan tampaknya tidak berhubungan ini. bisa dipasang.

Di sini, Watson menelusuri beberapa petunjuk tentang kematian korban di kepalanya. Dia juga mengungkapkan keakrabannya dengan karakter dan keterampilan Holmes dengan memberi tahu penonton bahwa dia tahu detektif menemukan hubungan antara semua petunjuk ini dalam pikirannya; yang pasti akan mengarah pada pemecahan pembunuhan misterius.

Contoh 2

The Southern Vampire Mysteries, juga dikenal sebagai The Sookie Stackouse Novels, adalah seri novel roman misteri terlaris karya penulis misteri Charlaine Harris.

Seperti yang disinggung dari judulnya, serial ini dinarasikan oleh protagonis Sookie Stackhouse dan mengikuti hubungannya dengan vampir dan makhluk supernatural lainnya.

Novel-novel tersebut juga menginspirasi serial televisi HBO yang provokatif, True Blood. Plot berlangsung di Louisiana hari ini, dan sering merujuk pada budaya populer, seperti pada pilihan di bawah ini:

“Bubba” seharusnya Elvis, yang menurut Bill berubah menjadi vampir pada malam dia meninggal beberapa dekade sebelumnya. Harris membiarkan penonton mengetahui rahasia kecil seperti ini dan mereferensikan mereka di seluruh seri.

Setiap novel Sookie menghadapi misteri baru, dan dia selalu memainkan peran penting dalam memecahkannya. Seperti banyak seri misteri, setiap buku Seri Vampir Selatan pada dasarnya bisa ada sebagai cerita tersendiri, karena memperkenalkan dan memecahkan misteri baru di setiap novel; Namun, popularitas sebenarnya terletak pada pengikut Sookie dan hidupnya.

 

Ketentuan Terkait

Fiksi detektif dianggap genre sastra sendiri, meskipun secara teknis merupakan subgenre misteri. Cerita-cerita ini menampilkan seorang detektif yang menyelidiki suatu situasi atau kejahatan, biasanya pembunuhan.

Ini adalah bentuk fiksi kriminal dan fiksi gothic yang populer, di mana protagonisnya paling sering adalah detektif resmi yang menyelidiki kejahatan, atau seseorang yang bertindak sebagai detektif tidak resmi untuk memecahkan misteri yang lebih relevan secara pribadi.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, misteri fiksi melibatkan pembaca dalam peristiwa atau situasi yang tidak dapat dijelaskan dari kemunculannya hingga penyelesaiannya, sementara misteri nonfiksi memungkinkan penulis untuk mengeksplorasi misteri dunia yang tidak terpecahkan atau tidak dapat dijelaskan.

Genre ini dapat berhasil digabungkan dengan banyak gaya sastra lainnya untuk menciptakan cerita yang menarik bagi penonton dari segala usia.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.