Ngegombal ala Polisi Daerah Ini Untuk Menegakan Tata Tertib Lalu Lintas di Jalan Raya, Efektifkah?

Semboyan
tiada kenal lelah sepertinya diperlihatkan polisi dalam menertibkan tata tertib lalu lintas di jalan raya, serta disiplin berkendara demi keselamatan. Mesti harus putar otak juga, ya itulah salah
satu tugas Polisi, Mengayomi.
Buat
kamu yang mungkin baru aja dari Sambas atau akan menuju Sambas, mungkin juga gak
merhatiin plang tanda peringatan yang dipasang sama pak Polisi. Kalo gak
merhatiin, tandanya kurang nanggapin, bisa-bisa rambu-rambu lalu lintas juga
gak kamu perhatiin, jadi sebelum terlambat yuk kita perhatiin lagi.
Sayangnya
kamu kalah cepat ama MBDC
(males banget dot com)
, karena disini baru aja di posting sebuah berita yang
ngebahas cara unik Kepolisian Resort Sambas dalam menegakan tata tertib lalu lintas di jalan raya.
Apa
cara unik dan sedikit nyentrik yang diterapkan polisi di daerah ini?
Ditemukakan
gambar petugas jajaran TMC Polres Sambas, Kalbar yang sedang memasang plang
peringatan dengan bahasa ngegombal. Cara ini terbilang unik yaitu Memasang Plang
Peringatan yang berbau Curcolan (ngegombal), padahal sebelumnya bahasannya darat,
atau malah bikin ngeri pengendara agar berhati-hati dan taat rambu.
Soal
hasilnya efektif atau nggak, yang pasti jajaran Kepolisian selalu berusaha
tanpa kenal lelah untuk menegakan disiplin berlalulintas. Mulai dari memasang rambu,
pembatas jalan, hngga plang yang nada kalimatnya datar (biasa), ajakan, bahasa
yang terbilang menakutkan hingga dengan bahasa ngegombal.
Udah
liat belom? Gak perlu tunggu kamu pergi ke daerah Sambas buat liatin, yuk kita
liat dulu apa aja yang bisa ketangkep kamera:
Tata Tertib Lalu Lintas di Jalan Raya
Tata Tertib Lalu Lintas di Jalan Raya

 

Tata Tertib Lalu Lintas di Jalan Raya

 

Tata Tertib Lalu Lintas di Jalan Raya

 

Tata Tertib Lalu Lintas di Jalan Raya

 

Tata Tertib Lalu Lintas di Jalan Raya

 

Tata Tertib Lalu Lintas di Jalan Raya
sumber gambar: https://www.facebook.com/tmc.polressambas
Saya
kira, sebagai pengendara yang baik kita musti tertib berkendara, yaitu membawa
perlengkapan dan surat menyurat kendaraan, patuhi rambu lalu lintas dan menjadi
pelopor keselamatan berkendara.
Yang
ngelakui beginian, bukan orang lain yang untung bro tapi diri kita sendiri.
Karena survei membuktikan bahwa hampir 70% Kecelakaan terjadi karena kelalaian
pengendara. Misalnya kurang konsentrasi, gak taat rambu lalin, pengaruh miras,
ugal-ugalan dijalan.

 

Harapannya,
setelah di gombalin pengendara jadi gak galak dan nurut sama tata tertib lalulintas, dan harapan mengurangi angka kecelakaan dapat segera terwujud. Semoga harapan
polisi di daerah Sambas dapat terwujud dengan memasang plang peringatan yang
kalimatnya sedikti ngegombal.
Semoga aja!

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *