SerbaPandai.Com

The Real Entertainment Blogger

Advetorial

4 Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi yang Baik ala Sehatq.com

Memastikan bahwa anak-anak Anda bahagia dan sehat tentu menjadi prioritas nomor satu bagi setiap orang tua termasuk Anda. Anak-anak sangat perlu mengkonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, merangsang otak mereka agar tetap aktif, permainan yang mengasah kreatifitas, menjaga kebersihan diriĀ  dan menjaga kebersihan mulut yang baik.

Tentu hal-hal diatas semuanya sama pentingnya. Tetapi izinkan kami untuk menyampaikan informasi yang secara khusus fokus pada cara memutihkan gigi dan perawatan kesehatan mulut dalam keluarga.

Kebanyakan orang tua berjuang untuk menjaga kesehatan mulut yang baik dalam keluarga mereka, terutama karena mereka tidak cukup tahu tentang materi pelajaran itu sendiri.

Akibatnya, anak-anak mereka dapat mengembangkan masalah seumur hidup dengan gigi dan gusi mereka. Jadi, penting untuk mendidik diri sendiri tentang kebersihan mulut dan memastikan keluarga Anda merawat mulut dan gigi mereka dengan baik.

Jika Anda mengalami kedua masalah diatas, tentu Anda sudah datang ke tempat yang tepat, karena itu seduh dulu kopinya dan baca lebih lanjut untuk mengetahui semuanya.

1.Rutin Menyikat Gigi

Langkah pertama adalah rutin menyikat gigi. Menyikat gigi adalah langkah paling sederhana dan paling penting dalam menjaga kebersihan mulut yang baik.

Anak-anak dan orang tua sama-sama harus menyikat gigi mereka setidaknya dua kali sehari, setiap hari.

Mereka biasanya harus melakukannya setelah makan sarapan di pagi hari dan tepat sebelum tidur di malam hari. Dokter gigi juga merekomendasikan menyikat gigi selama dua menit.

Banyak orang berpikir bahwa menyikat gigi sebagai aktivitas yang rumit dan hanya melakukannya secara sporadis. Namun, ini adalah cara nomor satu untuk merusak kebersihan mulut Anda.

Plak menumpuk pada gigi Anda sepanjang hari. Jika tidak diobati, plak ini akan dikalsinfir menjadi tartar dan menyebabkan lebih banyak masalah pada mulut, seperti penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Plak umumnya membutuhkan waktu 24 sampai 72 jam untuk mengeras menjadi tartar. Anda perlu menyikat beberapa kali selama periode ini untuk memastikan Anda memiliki semuanya dari permukaan gigi Anda.

Hal yang sama berlaku untuk anak-anak Anda. Sangat disarankan untuk mengajari mereka teknik menyikat yang baik dan benar. Ini dimulai dengan memegang sikat gigi pada sudut untuk mencapai gusi dan menggunakan gerakan melingkar.

Pastikan juga untuk membersihkan permukaan depan, belakang, dan gigi untuk mengunyah. Jangan langsung mencuci mulut setelah selesai. Sebaliknya, meludahkan pasta gigi terlebih dahulu, kemudian biarkan fluoride yang tersisa duduk di gigi Anda untuk sementara waktu. Aktivitas digat gigi sebagiknya dilakukan setelah menunggu 30 menit sesudah makan.

 

2.Flossing Gigi Anda

Langkah kedua yang juga sering diremehkan yaitu pentingnya flossing gigi Anda. Kebanyakan orang mengabaikan benang dan bukannya fokus pada menyikat gigi, mereka berpikir hal ini akan mencegah masalah kesehatan mulut.

Sayangnya, itu tidak akan. Setiap orang perlu flossing gigi mereka setidaknya sekali sehari. Yang terbaik adalah melakukannya di malam hari setelah menyikat gigi sebelum tidur.

Tapi mengapa flossing begitu penting?

Nah, itu menghilangkan plak dan makanan yang terjebak di antara gigi Anda. Plak gigi menyebabkan gula berubah menjadi asam, yang akan membuat gigi berlubang, pembusukan, atau memungkinkan infeksi masuk ke gusi (penyakit gusi).

Komplikasi jangka panjang dapat berkembang dari hal-hal ini. Untungnya, dokter gigi keluarga dapat membantu perawatan gigi berlubang.

Sikat gigi saja tidak bisa mengeluarkan plak yang menempel di antara gigi Anda. Hanya flossing yang bisa. Jadi, mari kita bahas teknik flossing yang baik.

Pertama, Anda harus mengambil 30cm benang gigi di tangan Anda dan memastikan string kencang. Selipkan benang di antara gigi Anda, sejauh yang akan terjadi. Pindahkan benang dengan goresan ke atas dan ke bawah, setidaknya 8 kali, untuk setiap gigi.

 

3.Praktekan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup dan kebiasaan makan keluarga Anda juga akan berdampak besar pada kebersihan mulut mereka. Ini karena apa yang Anda makan dan minum dapat menyebabkan kerusakan gigi jika Anda tidak berhati-hati.

Kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan juga akan mempengaruhi mulut. Langkah ketiga ini juga menjadi kunci penting dalam menjaga kebersihan mulut.

Mengenai apa yang Anda makan dan minum, Anda harus menghindari zat manis. Meskipun tubuh kita membutuhkan gula, kebanyakan orang mengkonsumsi terlalu banyak.

Ini tidak hanya buruk bagi kesehatan fisik kita tetapi juga kesehatan mulut kita. Itu karena gula bergabung dengan bakteri dan air liur di mulut kita untuk membuat plak, akhirnya melarutkan enamel dan menyebabkan pembusukan.

Berikut makanan utama yang harus dihindari anak-anak Anda: permen, cokelat, kue, kue kering, puding, gula meja, sereal sarapan, selai, sirup, es krim, dan buah kering.

Sementara itu, minuman yang harus mereka hindari termasuk minuman ringan, minuman bersoda, milkshake, jus buah, smoothie, dan teh atau kopi manis.

Mengenai gaya hidup sehat, dokter gigi keluarga Anda dapat memberikan saran spesialis. Mereka biasanya akan menghindari merokok karena ini dapat menodai gigi Anda dan meningkatkan peluang Anda terkena penyakit gusi.

Hal ini etntu akan membantu jika Anda juga mencegah anak-anak Anda minum alkohol karena ini meningkatkan risiko terkena kanker mulut.

Beberapa minuman beralkohol juga dikemas dengan gula. Orang tua mungkin juga ingin mencegah anak-anak mereka menggunakan permen karet kecuali tanpa gula. Untuk menambah wawasan Anda tentang kesehatan, Anda bisa membaca lebih banyak artikel kesehatan lebih lengkap di sehatq.com.

 

4.Lakukan Pemeriksaan Gigi Secara Teratur

Salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan mulut keluarga Anda adalah memesan pemeriksaan rutin dengan dokter gigi. Paling tidak, Anda harus menemui dokter gigi dua kali setiap tahun (atau setiap enam bulan).

Hal ini tergantung pada kebutuhan gigi anak-anak Anda, janji Anda mungkin harus lebih sering dari langkah pemerisaan gigi ya.

Perawatan gigi sangat penting karena ini berarti bahwa dokter gigi Anda dapat mendeteksi masalah kecil sebelum mereka berkembang menjadi sesuatu yang lebih buruk, membuat masalah lebih mudah diobati.

Ketika Anda memiliki anak, Anda harus tetap di atas hal-hal ini karena mereka sangat penting dalam pertumbuhan mereka. Apa yang terjadi pada gigi mereka sekarang bahkan dapat mempengaruhi kebersihan mulut mereka di masa dewasa.

Misalnya, seorang dokter gigi akan mengobati underbite atau overbite dan gigi yang tumpang tindih atau penuh celah dengan perawatan seperti pemasangan kawat gigi Invisalign.

Mereka juga dapat melakukan restorasi gigi dan saluran akar pada gigi anak-anak Anda. Itu berarti mereka dapat memperbaiki gigi yang rusak yang mungkin disebabkan oleh gigi berlubang, traumatis gigi. Jika anak-anak Anda menderita pengobatan apnea tidur, dokter gigi dapat mengobati ini juga.

Demikian pembahasan tentang kesehatan mulut dan gigi yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Mudah-mudahan hal ini bermanfaat serta bisa menambah wawasan Anda dan selamat mencoba!

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.