SerbaPandai.Com

The Real Entertainment Blogger

Advetorial

Cara Mempromosikan Pariwisata Lokal yang Hasilnya Powerfull

Ketika kita berbicara tentang cara mempromosikan bisnis pariwisata, tentu Anda berpikir tentang apa saja yang berhubungan dengan traveling. Bisa jadi tentang topik tempat wisaya/objek wisata, restoran, museum atau hotel, dan tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Untungnya, di era digital seperti sekarang hal ini bukan masalah besar. Karena hampir setiap orang dapat mempromosikan wisata tanpa dibayar sepeserpun, contohnya para youtuber atau konten kreator atau travel blogger.

Dengan bekerja sama dengan Organisasi Pemasaran Tujuan atau Agen Promosi Pariwisata serta influencer traveling, Anda bisa mendapatkan beberapa pemasaran gratis yang akan membantu mendistribusikan pesan Anda di luar upaya Anda sendiri, dan menarik lebih banyak pengunjung.

Anggap saja mereka sebagai pendukung Anda, tentu saja mereka ingin bisnis Anda berhasil sama seperti yang Anda lakukan. Dengan begitu, mereka juga akan memperoleh manfaat tidak langsung dari aktivitas ini.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan eksposur sebanyak mungkin. Berikut adalah beberapa cara agar tempat wisata ramai pengunjung serta tips dan trik untuk mendapatkan hasil maksimal dari kemitraan Anda dengan dinas pariwisata lokal dan regional.

Bagaimana Cara Dinas Pariwisata Mendukung Pariwisata?

Pertama, mari kita bicara tentang bagaimana kantor pariwisata lokal dan negara bagian bekerja untuk mendukung pariwisata lokal. Ada banyak yang masuk untuk mempromosikan tujuan dan sebagian besar berada di belakang layar. Mari kita bahas satu persatu, jadi ikuti terus ya!

Gunung-Rinjani-NTB

1.Melalui Situs web

Setiap kantor pariwisata lokal dan regional memiliki situs website. Beberapa lebih mendalam daripada yang lain, tetapi mereka biasanya memiliki daftar untuk kategori yang sama: hal-hal yang harus dilakukan, penginapan, makanan dan minuman.

Di sinilah pengunjung dapat menemukan informasi kontak untuk atraksi dan bisnis tertentu, serta gambar dan deskripsi.

Sebagian besar situs web juga memiliki kalender acara yang menampilkan festival, pertunjukan, bahkan seminar yang berlangsung di seluruh wilayah.

 

2.Brosur Panduan dan Informasi

Sebagian besar kantor pariwisata masih mendistribusikan ribuan brosur cetak melalui pusat penyambutan, pemberhentian melalui jalan raya dan permintaan pengunjung.

Melalui foto-foto cantik dan bahasa yang menawan, panduan atau brosur melukiskan gambaran keseluruhan tentang apa yang dapat diharapkan pengunjung. Banyak juga yang menawarkan ruang iklan jika Anda ingin menonjol di depan audiens yang tertarik.

 

3.Membuat Siaran pers

Ketika ada pengumuman, seperti restoran baru di kota atau taman kota yang memenangkan penghargaan nasional, kantor pariwisata akan mengirimkan siaran pers, yang dapat dijemput oleh publikasi regional atau nasional.

Bahkan dapat menghasilkan minat dari media yang menginginkan wawancara atau penulis spesialis perjalanan yang ingin mengalaminya sendiri.

Siaran pers tidak terbatas pada kantor pemasaran lokal. Mereka juga bisa menggandeng organisasi promosi resmi untuk destinasi wisata favorit, mendistribusikan siaran pers bulanan yang menyoroti aset regional.

 

4.Promosi Melalui Blog Wisata

Posting artikel melalui blog adalah cara yang menarik untuk mempromosikan beberapa aset wisata sekaligus.

Mereka menyediakan kumpulan atraksi dengan tema umum, dan biasanya ditulis lebih menarik dengan gaya percakapan. Blog juga dapat memberikan pandangan yang lebih dalam ke dalam topik niche yang berkaitan dengan tujuan wisata, promosi wisata, serta brosur.

Promosi melalui blog juga bisa Anda lakukan dengan menampilkan tempat wisata di gmaps, agar calon pengunjung potensial bisa dengan mudah menemukan lokasi tersebut.

 

5.Gunakan Media Sosial

Semua taktik berbeda yang tercantum di atas memberikan konten hebat untuk kantor dinas pariwisata setempat. Acara, pengumuman, penempatan media, dan blog dapat dibagikan di seluruh saluran media sosial.

Seperti yang kita ketahui bahwa pemerintah juga sangat mendukung upaya masyarakat untuk terus berwisausaha khususnya dari segmen wisata kuliner atau penginapan.

 

6.Pameran Pariwisata

Kantor pariwisata dapat menjangkau khalayak yang lebih besar dengan kehadiran di acara dan pameran populer.

Tergantung pada acara, peserta mungkin berasal dari kota lain atau bahkan negara bagian lain.

Acara besar adalah tempat yang sempurna untuk mempromosikan tujuannya kepada audiens yang sudah ada di sana, yang mungkin tidak terbiasa dengan daerah tersebut dan kemungkinan besar mencari hal-hal lain untuk dilakukan.

Buat pecinta traveling, dapat juga berbagi tempat terbaik untuk pergi liburan, makan atau tidur, dan membagikan bahan bermerek.

Di daerah tertentu yang memiliki industri pariwisata yang sudah maju, tentu dukungan dari dinas pariwisata atau pemerintah setempat semakin terasa, sebut saja Provinsi Bali.

7.Melalui Iklan

Kantor pemasaran dengan anggaran yang lebih besar, pikirkan kantor dinas pariwisata yang membantu mengiklankan di TV, kemudian dipromosikan ke seluruh wilayah baik lokal maupun manca negara.

 

Bagaimana Anda bisa membantu?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat membantu dinas pariwisata dalam mempromosikan tempat wisata, berikut tahapannya:

1.Update data dari mereka terus-menerus

Pertama, pastikan untuk memberi tahu mereka informasi kontak atau tautan situs web telah berubah. Memiliki informasi kontak saat ini untuk organisasi dan tautan yang tepat ke media sosial dan halaman situs web adalah suatu keharusan untuk dipromosikan.

Kedua, beri tahu influencer traveling setiap kali Anda memiliki sesuatu yang baru dan menarik seperti restoran baru, produk baru, acara baru atau minuman baru.

Pastikan Anda berkomunikasi dengan jelas dan sering sehingga dinas pariwisata  memahami apa yang membuat Anda berbeda. Setelah mereka menyadari hal-hal luar biasa yang Anda lakukan, mereka akan memiliki apa yang mereka butuhkan untuk memasukkan daya tarik Anda di lapangan melalui media resmi.

 

2.Mengirimkan Acara

Seperti yang terlah kita sebutkan di atas, dinas pariwisata biasanya memiliki kalender acara di situs web mereka. Ini membantu pengunjung ke situs web (dan tujuan) dengan cepat melihat apa yang sedang terjadi saat mereka berada di kota.

Kantor dinas pariwisata juga cenderung mempromosikan even lokal di seluruh saluran media sosial mereka, sehingga acara Anda lebih banyak diketahui peminat traveling. Dan jika itu cukup unik, acara tersebut mungkin layak diajukan ke media untuk liputan.

Promosi juga bisa melalui media sosial, seperti jasa influencer di rajakomen.com, yang membantu untuk menemukan komen yang bermanfaat untuk sosial media Anda. Dengan begitu konten Anda juga semakin sering di tampilkan pada explore IG sebagai konten yang direkomendasikan.

 

3.Merespon dengan Cepat dan Lengkap

Jika dinas pariwisata meminta informasi kepada Anda, yang terbaik adalah merespons dengan cepat dan dengan banyak informasi.

Bila memungkinkan, sertakan foto, video, dan kutipan dari staf terkenal.

Permintaan ini biasanya datang dengan waktu yang singkat karena agensi, organisasi atau jurnalis menghubungi mereka untuk dimasukkan dalam siaran pers, pameran, media atau artikel di situs mereka.

 

4.Menjaga Portofolio Fotografi Anda agar Up-to-Date

Ketika mereka ingin mempromosikan aset Anda atau mempromosikannya ke media, mereka akan membutuhkan foto berkualitas baik dan berkualitas tinggi untuk memamerkannya.

Mereka akan membutuhkannya segera, Anda tidak akan punya waktu untuk memanggil fotografer profesional. Jadi kapan pun Anda bisa, ambil foto terbaik Anda. Itu termasuk di semua waktu berbeda.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.